Dikisahkan sekitar tahun 1964, setelah kematian istrinya, IP Man mengetahui bahwa ia menderita kanker tenggorokan karena kebiasaannya merokok.

Sinopsis Film IP Man 4

Sinopsis Film IP Man 4

Setelah putranya yang pemberontak, Ip Ching, berjuang melawan pelaku intimidasi, ia diusir, dan Ip memutuskan untuk pergi ke San Francisco, Amerika Serikat untuk mencari sekolah.

Muridnya, Bruce Lee, telah mengecewakan komunitas seni bela diri setempat di San Francisco dengan membuka sekolah Wing Chun, mengajar seni bela diri Amerika dan menulis buku bahasa Inggris tentang seni bela diri.

Dia menemukan dari seorang rekan dan temannya, Liang Gen, bahwa surat rujukan dari Asosiasi Konsolidasi Kebajikan Tiongkok diperlukan untuk mendaftar ke sekolah.

Wan, seorang Presiden Asosiasi, menolak untuk menulis surat itu karena IP tidak setuju dengan pendapat para grandmaster tentang tindakan Lee. Setelah bertengkar singkat dengan Wan, dia pergi.

Saat meninggalkan sekolah setelah pertemuan dengan kepala sekolah, ia berkesempatan menemui putri Wan, Yonah yang di intimidasi oleh pemandu sorak saingannya, Becky.

Ip menyelamatkannya dan mengawal rumahnya, dengan Becky tanpa sengaja memotong dirinya sendiri dengan gunting. Wan menuduh Ip menggunakan putrinya untuk mendapatkan surat itu, dan menantangnya untuk memperjuangkannya.

Pertarungan terganggu oleh gempa bumi, dan Wan mengatakan kepada Ip bahwa mereka akan menyelesaikan pertarungan mereka di Festival Pertengahan Musim Gugur mendatang. Ip menolak, menjelaskan bahwa ia hanya mengantar putrinya pulang untuk keselamatannya, dan pergi.

Becky mengeluh kepada orang tuanya bahwa dia telah diganggu. Ayahnya Walters, yang adalah seorang petugas dari Layanan Imigrasi dan Naturalisasi, ditekan untuk meminta Asosiasi bertanggung jawab dan mendeportasi semua orang Cina yang terkait dengan mereka.

Sementara itu, Hartman, seorang Sersan Staf di Marinir Amerika Serikat, berupaya meyakinkan Barton Geddes, Sersan Senjata, untuk memasukkan seni bela diri Cina ke dalam pelatihan tempur tangan-ke-tangan mereka.

Geddes membuktikan bahwa pelatihan Karate Marinir saat ini lebih unggul dengan memintanya untuk melawan instruktur Karate Marinir, Colin Frater, yang mengalahkan Hartman.

Baca juga : Sinopsis Film Parasite

Hartman kemudian berhasil meyakinkan Komandan tentang hal itu, dan diperintahkan untuk memfilmkan Festival Pertengahan Musim Gugur yang terjadi di Asosiasi untuk penelitian, yang membuat Geddes marah.

Geddes meminta Frater untuk menantang Grandmaster di Festival, mengalahkan beberapa dari mereka sampai Ip mengganggu dan mengalahkannya. Sementara itu Wan, yang seharusnya hadir di festival itu, ditangkap oleh petugas imigrasi.

Setelah melihat Frater dikalahkan, Geddes menerobos masuk ke Asosiasi untuk mencari tahu di mana Wan disimpan, dan mengalahkan semua orang di sana. Dia kemudian mengancam Walters untuk melepaskan Wan ke tahanan Marinir sebelum membawa Wan ke kamp untuk melawannya.

Karena petunjuk dari seorang mahasiswa Lee, Asosiasi dibiarkan kosong pada saat petugas imigrasi menggerebek tempat itu. Lee memberikan perlindungan bagi Asosiasi, mendapatkan rasa hormat mereka.

Wan terluka serius akibat pertarungan dengan Geddes. Ip, yang dipenuhi dengan emosi, akhirnya mengungkapkan kepada putranya bahwa ia menderita kanker, yang akhirnya memungkinkannya untuk berbicara dengan ayahnya melalui telepon setelah diupayakan oleh Ip. Ip dibawa ke kamp Marinir oleh Hartman, dan mengalahkan Geddes dalam pertarungan.

Wan sudah menyiapkan surat untuk Ip, tetapi yang terakhir mengatakan bahwa dia tidak berniat pindah ke San Francisco karena dia tidak suka tempat itu. Ip berdamai dengan putranya. Ip yang kuat tapi lelah memerintahkan putranya untuk memfilmkannya saat ia mendemonstrasikan Wing Chun pada boneka kayu.

IP menyerah pada kankernya, dan terungkap dalam epilog bahwa Marinir telah secara resmi memasukkan seni bela diri Cina ke dalam rutinitas mereka pada tahun 2001.

Wisata Taman Kota 2 BSD