073989500_1453863730-nexus5x3Mountain View – Dengan cara mengejutkan, Google diberitakan bakal tidak lagi memakai merek “Nexus” pada device besutannya. Ini artinya, handset terakhir Google yang nanti dihadirkan dalam waktu dekat dipastikan tidak bakal memakai embel-embel Nexus lagi.

Dengan begitu, seri Huawei Nexus 6P serta LG Nexus 5X yang diluncurkan pada tahun lalu sudah menjadi seri device terakhir yang digarap Google dengan nama Nexus.

Google sendiri terbukti belum dapat memberbagi klarifikasi tentu soal berita tersebut. Tetapi, sebagaimana dilaporkan laman Android Central, Kamis (1/9/2016), kedua seri device anyar Google yaitu Marlin serta Sailfish, dipastikan tidak bakal memakai merek Nexus.

Hal tersebut tampak dari kover belakang device ini. Kalian dapat lihat tidak ada logo Nexus sama sekali. Bahkan, merek HTC selaku pembesut kedua seri ini pun tidak tertera dibagian kover device itu.

Sebelumnya, CEO Google Sundar Pichai sudah memberbagi ‘isyarat’ bahwa Google bakal berencana untuk merombak seri Nexus lebih baik lagi.

Pernyataannya itu sejalan dengan rumor yang mengungkap bahwa seri Marlin serta Sailfish bakal hadir tidak sama dengan seri Nexus sebelumnya.

Berbagai perubahan yang hadir pada kedua seri itu, di antaranya merupakan perubahan tampilan tampilan antarmuka yang mana tidak lagi memakai UI (user interface) Android stock (UI bawaan). Dapat jadi, Google bakal memperkaya UI Android bawaannya ini lebih optimal serta interaktif semacam UI Android buatan Samsung serta LG.

Sayangnya, tidak dapat ditebak apa nama baru pengganti Nexus yang bakal dipakai Google pada perangkat terakhirnya ini.

Ada yang menyatakan, Google justru bakal memakai Pixel sebagai merek terakhir perangkatnya, sebagaimana dengan yang sudah mereka perbuat dengan merek tablet serta komputernya, yaitu Pixel C serta Chromebook Pixel. Apabila benar demikian, apakah pamor merek ini dapat berawet semacam Nexus? We’ll see…

Iklan Mesin Fotocopy