222611_620Jakarta РPerum Perumnas menargetkan dapat membangun serta menyalurkan rumah setidak sedikit 100 ribu unit pada tahun depan. Angka ini melonjak lebih dari tiga kali lipat dari ?target pembangunan rumah pada tahun ini yang setidak sedikit 33.500 unit.

Direktur Keuangan Perum Perumnas Hakiki Sudrajat berkata, pihaknya yakin sasaran 100 ribu rumah tersebut bakal tercapai. Faktor didorong dari rencana pembentukan holding BUMN sektor perumahan.

Menurut dia, dengan adanya holding perumahan ini, maka Perumnas bakal mempunyai performa yang lebih besar untuk membangun rumah, terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Dengan holding, kapasitas kami nambah sehingga lebih besar. Standardisasi produk kami yang sedang kami rencanakan telah mulai di jalankan yaitu precast. Sehingga kami tidak hanya produksi rumah sendiri juga ciptakan standar perumahan,” ucap dirinya di Kantor Sertaareksa, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Selain melewati holding, lanjut Hakiki, untuk penyediaan sampai 100 ribu rumah tersebut, Perumnas dapat bekerjasama dengan pengembang swasta. Nantinya Perumnas dapat membeli rumah-rumah yang telah dibuat oleh pengembang swasta alias bekerjasama dalam proses pembangunannya.

“Kami kelak juga undangan swasta, kalau rumah rakyat semacam ini kelak kami dapat kerja sama. Mekanisme Kerja sama dapat kami sebagai offtaker, sehingga pembeli rumah-rumah yang diproduksi swasta. Kami tak butuh pikirkan pertanahan alias pendanaan. Alias kalau Pemda sediakan lahanya kami bangun,” tandas dia.

Iklan Mesin Fotocopy