Foto kini menjadi hal yang lumrah dan dibutuhkan untuk berbagai macam pekerjaan atau profesi. Bahkan berbeda aktivitas dan pekerjaan berbeda pula kebutuhan ukuran foto.

Seperti yang anda ketahui, jika sekarang ada berbagai macam ukuran foto yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari ukuran 2×3, 3×4, 4×6, #R, $R dan masih banyak lainnya.

Jika yang sedang anda butuhkan adalah foto yang digunakan untuk berbagai persyaratan administrasi, kemungkinan ukuran foto 3×4 adalah yang paling sering dibutuhkan.

Ukuran Foto 3x4

Ukuran foto 3×4 memang merupakan ukuran foto yang kecil dibandingkan ukuran foto lainnya. Meskipun tampak kecil, namun nyatanya 3×4 sangat banyak dibutuhkan dan berperan penting sebagai persyaratan berbagai pendaftaran.

Untuk mengetahui lebih detail, berikut ini akan dijelaskan mengenai ukuran foto 3×4 dalam berbagai jenis satuan ukuran.

Foto 3×4 Dalam Berbagai Ukuran

Foto 3×4 Dalam Ukuran Milimeter (mm)

Salah satu jenis ukuran dalam mengukur foto 3×4 yang paling sering digunakan adalah milimeter. Dalam ukuran milimeter, maka foto ukuran 3×4 yaitu 28x38mm.

Foto 3×4 Dalam Ukuran Centimeter (Cm)

Ukuran lainnya yang digunakan dalam foto 3×4 adalah centimeter. Dalam ukuran centimeter, maka foto ukuran 3×4 yaitu 2.8×3.8 cm

Foto 3×4 Dalam Ukuran Inchi (Inc)

Bukan hanya dalam ukuran milimeter dan centimeter saja, foto 3×4 juga memiliki satuan ukuran lain yang digunakan sesuai standar internasional yaitu dalam ukuran inch. Foto 3×4 dalam satuan inchi memiliki ukuran yaitu 1.1 x 1.5 inch

Mencetak Foto Ukuran 3×4 Menggunakan Microsoft Word

JIka anda berencana untuk mencetak foto ukuran 3×4, maka anda bisa menggunakan bantuan Microsoft Word. Rasanya hampir semua laptop dan komputer pasti memiliki aplikasi ini.

Jadi tak ada salahnya untuk mencetak foto dengan menggunakan microsoft word. Lalu bagaimanakah caranya?

Yang pertama adalah klik insert image, kemudian ukuran dapat disesuaikan dengan klik kanan foto yang telah masuk. Setelah itu cari pilihan menu untuk mengatur size foto tersebut sesuai yang diinginkan. Misalnya saja anda menginginkan ukuran 3×4.

Baca juga : Pengertian Email, Fungsi dan Cara Kerjanya

Masukkan ukuran height (tinggi) dalam satuan cm yaitu 4cm dan untuk width (lebar) yaitu 3cm. setelah semuanya telah diatur maka tinggal klik close. Ukuran foto tersebut nantinya akan berubah menjadi ukuran 3×4 seperti yang diinginkan. Jadilah foto sesuai yang diharapkan.

Mencetak Foto Ukuran 3×4 Menggunakan Photoshop

Selain menggunakan Microsoft Word, cara lainnya untuk mencetak ukuran foto 3×4 juga bisa dilakukan dengan menggunakan Photoshop, untuk langkah-langkahnya bisa mengikuti cara di bawah ini:

  • Siapkan foto yang akan dicetak dalam ukuran 3×4, klik kanan file foto tersebut kemudian Open With Photoshop
  • Klik Crop Tool di toolBox yang ada di sebelah kiri, atau bisa juga dengan menekan ā€œCā€ dari keyboard laptop atau komputer anda.
  • Setelah itu ubah ukuran, pada Width menjadi 3 cm dan pada Height menjadi 4cm. Resolution 300 pixels/inch
  • Seleksi bagian foto manakah yang akan digunakan. Jika sudah, tinggal klik kanan dan pilih Crop
  • Buka halaman baru dalam Photoshop, kemudian tentukan ukuran kertas yang ingin anda gunakan. Sesuaikan resolution dengan foto yang sudah di crop tersebut
  • Kembali lagi ke foto sebelumnya, pilih gambar dengan menekan Ctrl + A dan kemudian klik Move Tool atau bisa dengan menekan huruf V. Setelah itu tarik gambar pada lembar baru tersebut
  • Copy foto yang ada di lembar baru dengan menekan Ctrl + J kemudian tarik foto yang sudah dicopy sebelah
  • Setelah itu foto 3×4 siap untuk dicetak

Iklan Mesin Fotocopy