Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
Internasional

Launching Rumah Data untuk Pilkada 2024 oleh Bawaslu Provinsi Jatim, Diikuti Panwascam se Jatim

×

Launching Rumah Data untuk Pilkada 2024 oleh Bawaslu Provinsi Jatim, Diikuti Panwascam se Jatim

Sebarkan artikel ini

BERITANASIONAL.CO.ID-Bawaslu Provinsi Jawa Timur meluncurkan rumah data untuk memperkuat Pengawasan Pemilihan Serentak 2024 di Hotel Grand Empire Palace, Surabaya, Rabu (14/8/2024). 

Dalam acara peluncuran tersebut dihadiri langsung oleh 4.477 peserta. Terdiri dari Forum Koordinasi Pimpindan Daerah (Forkopimda), 176 Bawaslu Kabupaten/Kota, 1998 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), 1998 sekretariat Panwascam, wartawan dan pemantau pemilu di Jawa Timur.

Rumah data Bawaslu Provinsi Jawa Timur merupakan penyimpanan data bagi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD), Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dan Bawaslu Kabupaten/Kota seJawa Timur.

BACA JUGA :
Peran Babinsa dalam Distribusi Bantuan Pangan di Kecamatan Jambesar

Kordiv Humas dan Datin Bawaslu Provinsi Jatim Dwi Endah Prasetyowati menerangkan, dalam sejarahnya, rumah data digunakan dalam Pemilu 2024 hanya untuk menyimpan Form A. Kemudian dikembangkan untuk menyimpan hasil pengawasan saat hari pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024 lalu. 

“Dari mendokumentasikan C-Hasil, kejadian khusus, daftar hadir, dan foto KTP EL DPK yang ada di TPS. Saat Pemilu 2024, penggunaan rumah data mampu mengumpulkan ratusan ribu hasil pengawasan,” tegas Dwi Endah.

BACA JUGA :
Peran Aktif Babinsa Sukosari Meningkatkan Ketahanan Pangan Lokal 

Dijelaskan, berangkat dari pengalaman berharga tersebut, Bawaslu Provinsi Jawa Timur meningkatkan dan mengembangkan Rumah Data dalam Pemilihan Serentak 2024.

“Rumah data kini akan menyimpan Form A, imbauan, saran perbaikan, laporan, temuan, rekomendasi dan sengketa,” jelas Endah yang asal Jember tersebut.

Rumah data ini akan terkoneksi dengan website Bawaslu se-Jawa Timur. Publik dapat tahu tentang kerja yang telah dilakukan oleh pengawas pemilu se-Jawa Timur. 

“Hal ini sebagai salah satu upaya pertanggungjawaban dan keterbukaan kepada publik. Bawaslu yang terbuka akan membuat publik semakin percaya kualitas Pemilihan serentak 2024,” terang Endah.

BACA JUGA :
Babinsa Desa Pakem Serma Alexander Dampingi Pembagian Bibit Alpokat Dan Durian 

Perlu diketahui, Launching Rumah Data oleh Bawaslu Jatim tersebut, dihadiri langsung  Dr. Herwyn J. H. Malonda, M.Pd., M.H. selaku Kordiv Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat. Pihaknya hadir bersama Deputi Bidang Penyelesaian Sengketa Bawaslu RI Dr. Labayoni,S.IP.

Selain itu Ketua Bawaslu Jatim A. Warits dan Kordiv Pencegahan dan Parmas Bawaslu Jatim Eka Rahmawati juga turut hadir dalam agenda launching rumah data tesebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *