Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
TNI

Tingkatkan Hasil Produksi, Sertu Johari Bantu Pemupukan Tanaman Jagung

×

Tingkatkan Hasil Produksi, Sertu Johari Bantu Pemupukan Tanaman Jagung

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bondowoso,BERITANASIONAL.CO.ID- Jagung (Zea mays ssp. mays) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia.

BACA JUGA :
Babinsa Pelopor Pemanfaatan Lahan Kosong di Desa Sekar Putih: Budidaya Hidroponik Tanaman Selada

Pemupukan yang tepat menjadi salah satu tahapan penting dalam budidaya jagung karena pemupukan tanaman jagung akan mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman ini.

Sertu Johari Babinsa Posramil 0822/14 Botolinggo Kodim 0822/Bondowoso  membantu kelompok tani melaksanakan pemupukan urea jagung jenis Joos, di lahan milik Bapak Irwan warga Dusun Krajan 1 Rt. 02 Rw. 02 Desa Klekean Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Selasa (38/05/2024).

Babinsa mengungkapkan, pupuk merupakan material penting yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan unsur hara semua tanaman, termasuk jagung. Karenanya sebagai Babinsa pihaknya ikut membantu petani melakukan pemupukan tanaman jagung.

BACA JUGA :
Amankan Kegiatan Masyarakat Gema Takbir, Koramil 14 Prajekan Apel Kesiapan Pengamanan

“Pemupukan jagung kali ini masih menggunakan tradisi lama yakni dengan tangan pada usia tanaman jagung 10 hari,” ujar Babinsa.

Babinsa juga mengatakan tujuan membantu petani memupuk jagung tersebut untuk mensukseskan ketahanan pangan selalu memberikan dorongan, baik tenaga maupun pengetahuan kepada petani agar mereka bisa mengolah pertaniannya dengan baik sehingga dengan pertumbuhan pertanian yang baik akan menghasilkan peningkatan produksi pangan guna memenuhi kebutuhan masyarakat,” pungkas Babinsa.

BACA JUGA :
Babinsa Lebih Dekat Dengan Warga Desa

Ditempat terpisah Danposramil 0822/14 Botolinggo Peltu M. Soleh mengatakan, “Kegiatan pemupukan tanaman jagung ini merupakan upaya yang dilakukan Babinsa, pendampingan terhadap petani diwilayah binaan guna mencapai ketahanan pangan khususnya komoditi tanaman jagung dan sektor pertanian lainnya dalam pencapaian hasil pendapatan yang maksimal.

“Pemupukan ini penting dilakukan secara teratur agar pertumbuhan tanaman jagung tersebut bisa tumbuh dan berkembang secara baik dan maksimal sehingga nantinya akan menghasilkan hasil yang memuaskan” kata Danramil. (Yudi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *