Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
TNI

Babinsa Pelopor Pemanfaatan Lahan Kosong di Desa Sekar Putih: Budidaya Hidroponik Tanaman Selada

×

Babinsa Pelopor Pemanfaatan Lahan Kosong di Desa Sekar Putih: Budidaya Hidroponik Tanaman Selada

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bondowoso,BERITANASIONAL.CO.ID ADA– Pada Rabu pagi, 29 Mei 2024, Babinsa Tegalampel, Kopral Kepala Edi Eko Cahyono, berhasil mempelopori pemanfaatan lahan kosong dan tidak produktif di Desa Sekar Putih. Dengan inovasi budidaya sistem tanam hidroponik, sebanyak 1.000 tanaman selada jenis JONCYION RZ dan ANIZEL kini tumbuh subur.

Kegiatan ini berjalan lancar dan aman, menandakan keberhasilan upaya Babinsa dalam mendukung ketahanan pangan dan pemberdayaan masyarakat. 

BACA JUGA :
Antisipasi Luapan Air Babinsa Koramil 0822/09 Pujer Gotong Royong Bersihkan Saluran Irigasi Dan Jalan

“Kami melihat banyak lahan kosong yang belum dimanfaatkan dengan baik di desa ini. Dengan semangat dan dorongan dari masyarakat, kami memutuskan untuk mencoba metode hidroponik yang lebih efisien dan dapat dilakukan di lahan sempit,” ujar Kopka Edi Eko Cahyono. 

Lebih lanjut, Kopka Edi menjelaskan bahwa sistem hidroponik ini tidak hanya memperbaiki penggunaan lahan tetapi juga memberikan hasil yang lebih cepat dan berkualitas. “Kami menggunakan jenis selada JONCYION RZ dan ANIZEL karena kedua varietas ini memiliki daya tahan yang baik dan produktivitas tinggi,” tambahnya.

BACA JUGA :
Babinsa Koramil 0822/01 Bantu Penyemprotan Herbisida (Gulma) 

Program ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk memanfaatkan lahan kosong secara optimal dan mendukung ketahanan pangan lokal. “Kami berharap langkah kecil ini bisa memberikan dampak besar bagi masyarakat. Kami akan terus mendampingi dan memberikan pelatihan kepada warga untuk meneruskan budidaya ini secara mandiri,” tutup Kopka Edi dengan optimisme.

BACA JUGA :
Program Pompanisasi, Dandim 0822 Bondowoso Tinjau Titik Sumber Air 

Kehadiran Babinsa sebagai pelopor inovasi ini mendapat apresiasi luas dari masyarakat dan pemerintah daerah, yang menilai inisiatif ini sebagai langkah nyata dalam mengatasi masalah ketahanan pangan dan ekonomi desa. 

Desa Sekar Putih kini tidak hanya memiliki Babinsa sebagai pengaman wilayah tetapi juga sebagai inspirator perubahan menuju desa mandiri pangan.(Yudi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *