Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
TNI

Peran Penting Babinsa Grujugan Bersama Petani Cek Saluran Irigasi

×

Peran Penting Babinsa Grujugan Bersama Petani Cek Saluran Irigasi

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bondowoso,BERITANASIONAL.CO.ID-Dalam rangka mengatasi kesulitan masyarakat, Babinsa Koramil 0822/08 Grujugan Kodim 0822/Bondowoso Koptu Alam dan Petani melakukan kegiatan pendampingan pengecekan saluran irigasi sawah di Dusun Giwang Rt. 25 Rw. 05 Desa Dadapan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, Jum’at (5/4). 

Example 300x600

Di dalam pengecekan jaringan irigasi Babinsa mengatakan bahwa ia bersama warga binaan berjalan kaki menyusuri jaringan irigasi Desa Dadapan. 

“Pengecekan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan pertanian dalam mengoptimalkan sistem irigasi yang ada dengan baik agar pengairan di sawah berjalan lancar guna mencegah terjadinya kekeringan di musim kemarau nantinya, maka hasil panen petani pun dapat dengan maksimal,” ucapnya.

BACA JUGA :
Sinergitas TNI dan Masyarakat Dalam Dukung Hanpangan, Babinsa Kodim 0822 Bondowoso Bantu Penyiapan Lahan

Babinsa juga menambahkan, bahwa Irigasi sangat penting untuk memasok air yang cukup untuk pertumbuhan dan produksi tanaman padi yang optimal, disamping itu irigasi juga dapat membantu mengendalikan hama dan penyakit tanaman dengan mengatur kelembaban dan suhu tanah.

BACA JUGA :
Kasdim 0822 Bondowoso Hadiri Bantuan Pangan Cadangan Beras Bersama Forkopimda

“Harapannya agar jaringan irigasi yang lancar agar petani bisa mendapatkan hasil yang baik dari bercocok tanam, sehingga kita bisa wujudkan program swasembada pangan,” pungkasnya.

Secara terpisah Komandan Kodim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla., menyampaikan, “Bahwa pengecekan jaringan irigasi merupakan perintah komando untuk mengatasi kesulitan rakyat, tentunya kerusakan di saluran irigasi mengakibatkan terganggunya proses pengairan ke beberapa sawah ke Kelompok tani, sehingga Babinsa berkordinasi bersama kelompok tani untuk melaksanakan gotong Royong di aliran irigasi tersebut,” jelasnya.

BACA JUGA :
TNI Manunggal, Babinsa Pakem Semangati Petani Tanam Padi

Lebih lanjut dikatakan, dengan berkordinasi bersama Kelompok tani, hal tersebut dipromotori Babinsa untuk melakukan gotong royong pembersihan saluran irigasi, perbaikan serta perawatan agar sistem pengairan serta kebutuhan air bagi petani lancar sehingga proses pengairan bisa kembali normal, agar hasilnya panennya maksimal, sehingga terwujudnya atau suksesnya program ketahanan pangan,” pungkasnya. (Yudi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *