Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
TNI

Babinsa Badean Bantu Warga Bersihkan Gulma Padi

×

Babinsa Badean Bantu Warga Bersihkan Gulma Padi

Sebarkan artikel ini

Bondowoso,BERITANASIONAL.CO.ID- Sabtu pagi, Serda M. Baharudin, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Badean, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, aktif mendampingi warga membersihkan gulma pada tanaman padi varietas Inpari 32. Aksi ini berlangsung di lahan pertanian milik Bapak Sanuri, warga RT 33 RW 01 Kelurahan Badean.(15/06/24)

Serda M. Baharudin terjun langsung ke lapangan membantu para petani membersihkan gulma. Kehadiran Babinsa memberikan dorongan moral dan bantuan nyata kepada para petani, menunjukkan komitmen TNI dalam mendukung kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA :
Cegah Kenakalan Remaja Di Bulan Ramadhan, Babinsa Tekankan Ini! 

Disamping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga jika kita membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan akan sangat merugikan. 

“Kami sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa. Dengan bantuan Serda Baharudin, pekerjaan membersihkan gulma jadi lebih ringan dan cepat selesai,” ujar Bapak Sanuri, pemilik lahan. 

BACA JUGA :
Masyarakat Sambut Hangat Langkah Babinsa Tegal Mijin

Kegiatan ini berlangsung melibatkan sejumlah warga yang untuk bekerja bersama. Serda M. Baharudin menegaskan pentingnya menjaga kebersihan lahan untuk mendukung pertumbuhan optimal tanaman padi dan mencegah hama serta penyakit.

Serda M. Baharudin menyampaikan ,” Di sela-sela kegiatan, Gulma ataupun rumput liar menjadi salah satu kendala bagi para petani padi dalam memperoleh hasil panen yang maksimal, karena keberadaan gulma sangat mengganggu tanaman padi pada masa pertumbuhan hingga masa pematangan, jika keberadaan gulma tidak dibasmi atau dilakukan penyiangan maka akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya sehingga berdampak pada menurunnya hasil panen. ujarnya.

BACA JUGA :
Babinsa 0822 Bondowoso Hadiri Acara Gebyar Pentas Seni Pisah Kenang Siswa-Siswi SDN 1 Petung

Diharapkan, kehadiran Babinsa di tengah masyarakat dapat mempererat kerjasama antara TNI dan warga, menciptakan suasana kondusif dan produktif di Kelurahan Badean.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *