Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
TNI

Babinsa Bongkar Rahasia Sukse Panen Di Kademangan!

×

Babinsa Bongkar Rahasia Sukse Panen Di Kademangan!

Sebarkan artikel ini

Bondowoso,BERITANASIONAL.CO.ID— Babinsa 0822/01 Kota Kelurahan Kademangan, Kabupaten Bondowoso, Sertu Ruslan dan Serda Slamet, kembali menunjukkan peran aktif mereka dalam mendukung Program Ketahanan Pangan (Hanpangan) di wilayah binaan. Pada hari Selasa pagi, mereka melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian di lahan jagung milik warga.(18/06/24)

Pendampingan ini dilakukan secara rutin sebagai bagian dari upaya mewujudkan ketahanan pangan di Kelurahan Kademangan. Salah satu kegiatan yang dilakukan Babinsa adalah membantu pembersihan rumput gulma di lahan jagung, yang bertujuan agar pertumbuhan tanaman jagung semakin subur dan hasil panennya meningkat.

BACA JUGA :
Dandim 0822/Bondowoso Hadiri Raperda (RPJPD) Tahun 2025-2045 Dan Persetujuan Penetapan Raperda Tentang Pelayanan Publik

“Dengan tujuan agar pertumbuhan tanaman jagung semakin subur dan hasilnya nantinya juga akan meningkat,” ujar Serda Slamet saat ditemui di lokasi.

Selain membantu pembersihan, Babinsa juga aktif memberikan pendampingan kepada para petani dalam mengecek dan melakukan perawatan tanaman secara rutin. Hal ini dilakukan agar setiap kendala yang dihadapi dalam pertumbuhan tanaman dapat segera diatasi.

“Guna mendukung Program Hanpangan, saya memberikan pendampingan kepada para petani dalam mengecek dan melakukan perawatan tanaman secara rutin untuk didata dan dilaporkan agar dapat ditindaklanjuti apabila ada kendala pada pertumbuhan tanaman jagung tersebut,” pungkas Sertu Ruslan.

BACA JUGA :
Babinsa Turun Tangan Dalam Panen Padi di Sukodono, Sukses Besar

Pendampingan kali ini dilakukan di lahan seluas 1.600 m² milik Bapak Raji dan Bapak Haryono yang terletak di RT. 26, Perum Rantai Mas, Kelurahan Kademangan. Jagung yang ditanam adalah jenis Syngenta, dengan waktu tanam pada 10 Mei 2024. Saat ini, tanaman jagung tersebut berusia 39 hari dan diperkirakan akan panen pada bulan Agustus mendatang.

Bapak Raji, salah satu pemilik lahan, memberikan testimoni terkait bantuan yang diberikan oleh Babinsa. “Kami sangat terbantu dengan adanya pendampingan dari Babinsa. Mereka tidak hanya membantu secara fisik, tetapi juga saling berbagi dengan kami pengetahuan tentang cara merawat tanaman agar hasilnya maksimal,” ujar Bapak Raji.

BACA JUGA :
Partai Demokrat Bondowoso Tidak Akan Merubah Keputusan yang Sudah Disepakati,Begini Penjelasan Subangkit Adi Putra

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen TNI dalam mendukung ketahanan pangan nasional melalui pendampingan intensif kepada para petani di daerah binaan. Diharapkan, melalui upaya ini, kesejahteraan petani dapat meningkat dan ketahanan pangan di wilayah tersebut semakin terjaga.

Babinsa Kelurahan Kademangan akan terus melaksanakan kegiatan pendampingan ini secara berkelanjutan untuk memastikan setiap lahan pertanian di wilayah binaan mendapatkan perhatian yang optimal demi kesuksesan Program Hanpangan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *