Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
TNI

Dengan Komsos, Babinsa Mengok Motivasi Kepada Peternak Kambing Etawa

×

Dengan Komsos, Babinsa Mengok Motivasi Kepada Peternak Kambing Etawa

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Bondowoso,BERITANASIONAL.CO.ID-Babinsa Serda Imron Koramil 0822/09 Pujer Kodim 0822/Bondowoso mengunjungi kandang kambing etawa milik seorang warganya yaitu Bapak Sihin. Kunjungannya tersebut guna menjalin Komsos (Komunikasi Sosial) dan memberikan dorongan semangat usaha. Bertempat di Dusun Tamanrejo Desa Mengok Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso, Selasa (30/4/2024).

Example 300x600

Dalam kesempatan itu, Serda Imron melihat langsung proses pemerahan susu kambing etawa. Menurut keterangan dari Pak Sihin selaku peternak, proses pemerahan terbaik dilakukan saat pagi dan sore hari. Agar susu yang dihasilkan tidak terlalu berbeda komposisinya.

BACA JUGA :
Jelang Lebaran Dan Gangguan Kamtibmas, Babinsa Patroli Malam

Sementara itu, Serda Imron menyarankan bahwa sebelum proses pemerahan betapa baiknya kambing etawa dibersihkan supaya terhindar dari bakteri sehingga susu yang dihasilkan sehat dan higienis. Selain itu, kebersihan kandang kambing menjadi salah satu pemegang peranan penting dalam peningkatan produktivitas susu kambing etawa.

“Untuk menunjang produktivitas susu kambing etawa yang dihasilkan, pakan yang cukup gizi dengan kadar yang tepat akan sangat mendorong hasil produksi susu yang maksimal,” imbuhnya.

BACA JUGA :
Babinsa Koramil Grujugan Damping Petani Lakukan Pompanisasi Lahan Pertanian

Mengingat potensi hasil ternak kambing etawa yang cukup menjanjikan, Babinsa Serda Imron terus memberikan motivasinya pada Pak Sihin agar tetap bersemangat mengembangkan usaha peternakan kambing etawa miliknya.

Seperti yang kita ketahui, susu kambing etawa mengandung nilai protein yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Susu kambing etawa juga banyak diminati masyarakat. Oleh karenanya, cukup potensial dalam pendistribusian susu hasil proses pemerahan.

BACA JUGA :
Monitoring dan Pengamanan Giat Bazar dan UMKM oleh Koramil 0822/01 Kota

“Bapak Sihin dapat menjualnya dengan membuka lapak sendiri maupun banyak menjalin relasi dengan para agen susu untuk memperlancar pemasaran,” ungkapnya.

Dengan tingginya produktivitas susu kambing etawa yang dihasilkan, maka berbanding lurus dengan peningkatan omset yang diraih. Untuk itu, Babinsa Sertu Imron semakin giat menjalin Komsos untuk menambah semangat usaha peternakan kambing etawa warganya agar semakin sukses. (Yudi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *